Loading...
Jumat, 08 Juli 2016

Jejak Masuk UI - SBMPTN






Kerap kali beribu asa melayang tinggi, beribu jiwa dan raga menandingi. Sungguh luar biasa langkah ini, arah terindah dari sang Illahi,

Hai! nama gue Qodri,

Udah lama ga nulis blog lagi, semenjak memulai perjuangan untuk dapat ptn impian. sesuai dengan apa yang telah menyibukan gue, kali ini gue akan meluapkanya dalam bentuk tulisan. Semoga dari cerita gue kalian bisa ambil pelajaran dan hikamhnya haha :'D terutama buat yang masih dan akan berjuang untuk menggapai salah satu dari ribuan mimpi kalian .

Oke! dimulai saat gue SMA. Gue merupakan angkatan 2015 (artinya masuk 2012 lulus 2015 :D) di SMAN 2 Bengkulu, dan saat itu gue belum kepikiran mau ke mana gue akan kuliah dan jurusan apa yang akan gue ambil. gue sendiri jurusan IPA di SMA, dan gue belum merasa straight point pada exacta saat itu, buat apa? mau diapain? hal itu yang buat gue tambah bingung dan bosen belajar, bahkan untuk memulainya saja susah banget :". gue adalah siswa yang tergolong biasa saja, dalam artian gue ga pinter kebangetan juga ga bodoh kebangetan, Insyallah.
walaupun gue males belajar, gue memaksa diri untuk belajar dengan latar belakang paksaan itu hehehe. sehingga, banyak temen gue bilang gue rajin banget belajar, padahal mereka ga tau kalau gue belajar itu sambil keringet dinginn, ntah karena ga paham-paham, bosen, dan banyak faktor :D

pada saat masa itu, gue dikenalin yang namanya zenius sama abang gue, gue udah denger kabar zenius.net dari kelas 2 sma, bagi yang belum tahu zenius, jadi zenius itu adalah media pembelajaran online, tapi ada juga bimbelnya di jakarta dan ada juga dalam bentuk kaset  (bukan promosi ya cuma memberikan informasi saja). Gue diperlihatkan contoh video-videonya sama abang gue, dan gue agak tertarik, jadi gue langsung minta buat daftar paket belajar 1 tahun.
selama 1 tahun itu ntah kenapa gue ga make paketnya dengan efektif, gue ga sempat buat mantengin zenius dengan waktu yang relatif lama, karena saat itu ada tugas-tugas sekolah, kerja kelompok, dan gue juga aktif organisasi sampai kelas 3, memang quality of management gue rendah banget yaa :D. Jadi gue tenggelam di dalam hal-hal seperti itu. alhasil, tetep aja gue ga ada perubahan yang cukup signifikan, bahkan pencapaian ranking gue menurun saat kelas 3.

langsung ke bagian UN 2015, sebelum itu gue ga ikut bimbel buat persiapan UN, gue juga belajar apa adanya, dan finally UN gue hanya sebatas kata "cukup" wkwkwkwk :D.

setelah UN, tentunya peperangan antar siswa SMA se-Indonesia dimulai. sudah dipastikan gue ga lulus SNMPTN, kenapa? karena gue milih jurusan tanpa pertimbangan. hasilnya, gue ga lulus , kecewa tapi ga terlalu. karena, gue sadar gue lakukan itu tanpa pertimbangan :D, karena segala sesuatu harus dipertimbangkan :D. I BOLD IT BECAUSE IT'S REQUIRED FOR YOU GUYS! jadi Consider it as well ya.

Oke selanjutnya, karena butuh pertimbangan, gue mikir kira-kira jurusan apa yang cocok buat gue terutama nanti saat memilih jurusan di SBMPTN. Tapi, di tahun ini gue belum merasa ada jurusan yang cocok. jadi, untuk sbmptn gue memilih jurusan atas dasar diskusi tanpa memikirkan cocok atau engganya jurusan itu sama gue. memang banyak sih tes psikotes, yang pernah gue ikutin dan ada pekerjaan yang cocok buat gue (katanya), tp dari hati gue agak menolak dan ada juga nerimanya. dengan pertimbangan dan diskusi sama keluarga akhirnya gue mencoba fk, arsi sama ekonomi pembangunan. hmmmm :D ya gitu deeh

setelah itu, gue berasa remuk banget, maskudnya gue dari dulu ga ada senjata ampuh buat gue sendiri untuk bersaing secara nasional. gue teringat paket zenius gue, yang masih ada sisa-sisa waktunya, alakadarnya gue telan dengan waktu 1,5 bulan buat persiapan SBMPTN. dalam waktu 1,5 bulan itu juga gue bimbel intensif di GO. pokoknya gue blajar aja dulu, terserah nyangkut di pilihan 1/2/3.


Hari-H sbmptn 2015, gue datang 1 jam sebelum mulai, gue menahan kebelet kencing saat itu (ga penting) . gedungpun dibuka, dengan percaya diri gue masuk, duduk, isi data, dan mengerjakan. saat mengerjakan gue berasa ennnaaaaaakkk banget (sombong). walaupun di tkd saintek masih perlu loading agak lama, gue percaya diri bangetlah pokoknya. Setelah itu gue pasrah sama Allah tentunya. Setelah selesai gue langsung pulang, ga keliaran kemana-mana karena gue capek mau muntah  :D. saat sampai di rumah gue masih ada aura perjuangan sbmptn tadi, gue masuk kamar dan berencana pengen ngelihat soalnya sekali lagi, saat itu gue ngelihat sekilas kode naskah tpa di halaman depan soal, ddaaaaaaann guuuueeeeee, lupa banget mindahin kode naskaahnnyaaa saat test tadiiiiiiii!! emosi dan kepanikanpun membara tak karuan :""" gue berusaha mengingat kembali saat gue mengerjakan ujianya. Saat waktu gue ngerjain soal, gue juga udah diperingatin sama panitia lewat microphone, jadi tempat tes gue itu di dalam gedung dan gue duduk di tribunya, mungkin karena gue terlalu fokus atau terlalu ga fokus i dunno, akhirnya itu kode naskah lupa banget gue pindahin. . .
Di sana gue panik bangeeeeet, gue langsung telpon panlok bengkulu dan katanya LJK sudah di packing, karena ga muluk muluk gue langsung balik lagi ke lokasi test dengan cepaaat.

Berhubung lokasi test itu jauh banget dari rumah gue, ampe ada bekasnya tuh motor sama bokong gue. sesampainya di sana gue langsung mencari-cari ruangan panitianya. gue masuk ke ruangan panitia dan gak ada orang, gue tanya sama orang yang ada di sekitar sana, kalau semua berkas udah di packing dan pengurus intinya udah pada pulaaang. wow perfect! Thank you! sial banget gue astaghfirullaah :'D, singkat cerita gue ga tau mau ngapain lagi gue semakin terpuruk ditambah mak gue pake acara nangis segala setelah tau hal ini :"" , ini membuat gue semakin terbebani Ya Allahh ! :'D dan sudah jelas tahun 2015 gue ga lulus sbmptn, oh iya gue kasih tau ya jadi sbm 2015 gue pilih unand kedokteran, arsi interior UI, dan ekonomi pembangunan ipb dan semua gue failed, gatau harus bilang apa sama orang tua dan keluarga. Pokoknya muka temboklah! :"D Akhirnya gue lanjut kepada ujian mandiri ptn, singkat cerita, gue ga ada yg lulus dr ujian mandiri yang gue ikutin bhaak! hmmmmm oke fine! rapopo. kecewa tentu, apalagi pada saat pengumuman sbmptn 2015 gue nangis banget walaupun udah tau hasilnya, sia-sia banget ya. pliiss kalian jangan jadi kayak gue yang bisa terlalu percaya diri dan ceroboh :D. sempet jatuh sakit  karena ini, kenapa ga lulus semuaaa?? am i Fool?

Gue kemudian mencoba move on, meminta ketenangan dari Allah dalam doa dan berharap dikasih petunjuk :"
kemudian, gue dengan legowo masuk kuliah swasta di salah satu univ jakarta dan ortu gue juga mencoba menerima kenyataan, mereka udah mulai ngasih gue motivasi lagi,ahirnya gue berkuliah satu semester saja kemudian semester 2 gue memutuskan keluar, walaupun banyak yang ga setuju dan banyak banget yang bilang "emang pasti dapet negeri??" 99x , " lu kan udah bayar mahal kuliah"99x, haha, ya tapi gue harus komit karena gue ga bisa diginiin hahah. gue mau membalas kecerobohan gue tahun lalu. Di saat itu pula pengetahuan gue tentang universitas dan jurusan semakin meluas. banyak hal yang gue temuin selama 1 tahun menunggu sbmptn 2016. Gue mulai merasa ketertarikan tersendiri terhadap jurusan Kesehatan Masyarakat karena ada salah satu kerabat keluarga temen dekat gue yang juga lulusan Kesmas UI jadi ceritanya gue terinspirasi, selain itu karena sifat jurusanya yang semi kedokteran dan fleksibel banget di masyarakat, belum lagi jurusanya prospek banget, jadi bukan hanya berkutat di puskesmas/posyandu aja (sekedar meluruskan bagi yang belum tau :D) hehe dan ga tau kenapa gue ngelihat tulisan kesehatan masyarakat, gue tertarik, di situ gue ngerasa ada hati yang berbicara aseek hahahaha. sejak saat itu Kesmas menjadi salah satu jurusan incaran gue, dan gue terus belajar buat sbm dengan kejelasan pada saat itu hehe.. terus gue milih PTN yang punya kesmas, dan gue cari kesmas mana yang paling bagus dan terbaik secara nasional , dan akhirnya gue putuskan untuk ambil kesmas UI hahaah pede banget gue ya Allah... gapapalah :D.

setelah satu semester kuliah gue langsung keluar dan ikut bimbel di zenius-x selama 1,5 bulan, sekitar 3,5 bulan ga kuliah gue manfaatkan buat belajar mandiri, gue tanamkan semangat dan gue berdoa "ya Allah, kali ini jangan gagal dan ceroboh lagi, ga tega lihat ortu ;'(" di sisi lain gue belajar jadi orang yang ikhlas  jikalau gue gak lulus tanpa adanya kecerobohan fatal seperti tahun sebelumnya. belajar, berdoa, belajar, berdoa. di saat-saat itu terkadang gue merasa males, bosen dan jatuh sakit lagi karena kecapean belajar sampai pernah ga tidur beebrapa hari, kalau gue udah kehilangan semangat sekali-kali gue cari artikel/blog yang membuat gue semangat lagi. . .

Kali ini sbmptn menjadi lebih cepat karena mau bulan puasa saat itu, semakin deket hari-H gue panik. gue berdoa, solat malam biar dikasih ketenangan dan diberikan yang terbaik sama Allah.
Teng! hari-H sbmptn 2016, hari ini harus gue lewati dengan maksimal dan tanpa kecerobohan insyallah, seperti biasa gue datang lebih awal di saat yang lain belum datang dan hanya 2 orang yang datang lebih dulu dari gue.  Ntah kenapa gue kalau sekolah telat mulu :)))) lokasi test gue saat itu di jakarta, gue nunggu diluar kelas sambil zikir biar tenang, gue ngliat sekeliling gue "kira kira yang mana ya yang senasib sama gue?" hahaha, ada yang masih belajar, ada yang makan lontong.. ah sudahlaahh :D.

Teng! waktunya masuk ruangan ujian, duduk, isi data dan yang paliing penting kode naskah. pertama tkd saintek, gue mulai dari biologi kemudian, Matek, Kimia terakhir Fisika. gue agak keliengan sih ngerjain yang sainteknya, tapi ya sudahlah yang penting ada yang bisa kejawab haha pasrah wae.
sesi kedua tkpa, ingat kode naskah gue isi, lalu waktu pengerjaan gue juga agak kelilipan nih waktu tkpa kok ada yang berubah sama kamu wahai tkpa, tapi biarlah gue kerjain aja semampu otak gue, yang penting do your best.

Akhirnya selesai, gue lega karena kode naskah tidak lupa dan yang lainya juga tidak lupa, hehe. sambil menunggu hasil, gue juga ikut simak dan um undip. jadi tahun 2016 gue cuma 3 test saja yang gue ikutin, ga numpuk kayak tahun 2015. Harap-harap cemas sembari berdoa dalam keadaan berpuasa. Pengumuman sbmptn yang lamanya satu bulan setelah testnya, selama itu juga gue lemeees terus, ya Allah gue pengen banget kuliah di UI gue takut itu cuma mimpi doang dan gue takut php-in ortu gue lagi hahaha, harapan banget jaket kuning buat orang tua gue menangis haru :" . H-5 pengumuman Sbmptn gue deg-degan banget, gue mau cari ketenangan, gue pergi aja ke UInya langsung. Itu adalah first time gue lihat kampus ui langsung, biasa sih cuma ga tau kenapa UI itu terlihat beda bagi gue. Gue dalam hati ngomong sambil jalan jalan di UI "apapun nanti, apakah ini terkahir gue melihat lihat ui dengan status bukan mahasiswa atau tidak gue cuma berharap Allah selalu memberikan rahman dan rahimnya, memberikan yang terbaik buat gue, tapi pleaasee yellow jackeet :D". jarak satu tahun yang lalu, gue melewati masa sulit, dimana gue harus menanggung malu, memulihkan kekecewaan orang tua gue, membuktikan bagi orang di sekitar gue dengan pandangan sebelah matanya, gue resah banget, tapi ya biarlah itu semua akan baik baik saja.

Hari-H pengumuman , posisi gue saat hari H ada di Padang karena memang waktunya mudik, semua keluarga menunggu hasil sbmptn gue. hasilnya dimajukan dari jam 5 sore jadi jam 2 siang, saat jam 2 siang gue blum mau buka, coba bayangkan mata semua keluarga gue tertuju ke guee, kan ngeri. gue lemes banget, berasa kayak berada di puncak tertinggi Burj Khalifa Dubai, lemes ngilu gitu ditambah deg-degan banget. Sudah 1 jam ga gue buka, keluarga gue ampe bosen nungguin dan ngingetin gue kalau hasilnya itu gak akan berubah jadi bukalah pengumumanyaaa, iya bener juga. Perlahaaan gue masukan no peserta, kemudain tanggal lahir dan captcha. dan gue tekan cari . . . .




.
.
.
.
.

.
.
.

.


.

dan ini hasilnya!



"WOOOOOOWW! is it REALLL!!"  gue lompat dan semua keluarga gue teriak :'D, ampe tetangga keluar semua whahahaahah dramatis banget pokoknyaaa agak lebay sihh, seketika urat malu putus :D.  gue ngeliat sodara gue nangis, adduuhh makasih banget ya.... dan gue melihat ke arah mama gue melihat senyum bahagianya begitu juga papa guee sungguh lega rasanyaa ya, Allhamdulillah ya raabbb, usaha dan penundaan selama 1 tahun tidak sia-sia....

Pesan gue, yakin pada mimpi kalian, dan yang paling pertama perjelas dulu apa mimpi kalian itu! dan JANGAN CEROBOH! :D , kemudian buat tekad dan usaha disertai doa, insyallah bisa kok (y), karena kita bermimpi juga gak cukup cuma ambisi aja, kalian perlu usaha yang menyeimbangi itu, dan usaha yang diberikan harus maksimal. FIGHTING buat kalian para pejuang sbm tahun depan!
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

8 komentar

Maaf mas, saya mau nanya sekarang itu saya sudah di jurusan yang saya sukai meskipun bukan di PTN yg saya sukai dan tentu saya mempunyai mimpi yang jelas, tapi saya mengalami hal yang seprti mas jelaskan di atas banyak sekali orang yang meragukan saya 99x dan berkata itu sulit sehingga saya sedikit ciut dan terpengaruh, gimana ya mas caranya agar saya tetap keep positif terhadap apa yang saya pilih dan tidak perlu menghiraukan mereka ? -thanks

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Hal yang wajar, meskipun kamu berada di posisi yang diinginkan pum itu pasti akan ditemukan. Lalu bagaimana cara mengatasiny? Sebenarnya itulah hal yang paling bisa memotivasi kamu, tanpa itu sebagian besar orang sulit berubah. Pikirkan saja seperti itu 👍

Teringat masa lalh saya, yang awalnya ingin masuk fk tetapi itu hanya ambisi saja tanpa diiringi usaha yang imbang. Alhasil saya gk keterima di fk, malah diakuntansi. Mungkin karna saya kurang usaha atau mngkin bisa dikatakan belum mampu untuk kesana.
Terimakasih, tulisannya sangat menginspirasi dan membuat saya menjadi bersemangat mengejar cita2 baru

hai kak, aku salah satu murid kelas 3 sma, pengen (banget) masuk ui jurusan psikologi.. setelah baca tulisan kakak, aku merasa sangat terinspirasi dan terpacu untu lebih semangat lagi belajar. apalagi pas baca bagian pengumuman sbmptn, aku sampe nangis kak:'D merinding sama usaha dan perjuangan kakak. Doain aku jadi the next yellow jacket yaa kaak!terimakasih sudah menginspirasi:D

Sangat terinspirasi dari kaka. Jujur, saya baca blog ini first time sampe nangis kejer wkwkwk (agak lebay) karena saya juga sedang mengalami hal ini yang gagal ikut snmptn 2019. Kecewa? Iyaa. Saya hampir putus asa mau ngapain abis lulus SMA. Dan saya juga bingung mau ikut sbmptn khawatir takut jawabannya sama seperti jawaban ikut snmptn. Tapi saya dapat dukungan dari teman saya untuk itu sbmptn dan kampus UI yang saya tuju. Saya juga ingin ikut simak UI. Bener2 khawatir takut ngecewain mamaku lagi dan menanggung rasa malu. :( doain aku ya kak semoga aku jadi the next yellow jacket:) aamiin. Bismillah...

Sangat terinspirasi dari kaka. Jujur, saya baca blog ini first time sampe nangis kejer wkwkwk (agak lebay) karena saya juga sedang mengalami hal ini yang gagal ikut snmptn 2019. Kecewa? Iyaa. Saya hampir putus asa mau ngapain abis lulus SMA. Dan saya juga bingung mau ikut sbmptn khawatir takut jawabannya sama seperti jawaban ikut snmptn. Tapi saya dapat dukungan dari teman saya untuk itu sbmptn dan kampus UI yang saya tuju. Saya juga ingin ikut simak UI. Bener2 khawatir takut ngecewain mamaku lagi dan menanggung rasa malu. :( doain aku ya kak semoga aku jadi the next yellow jacket:) aamiin. Bismillah...

MEGA 88 Casino Slot Machine - jtmhub.com
Slot 충청북도 출장안마 machine MEGA 88 Casino Slot Machine This game 원주 출장마사지 has 안산 출장안마 been tested and will work on a variety of 영천 출장샵 devices. The demo 화성 출장샵 mode is for all devices

 
TOP